Inspirasi
 
28 Juli 2008 22:02:29

Arti Penderitaan Yesus Untuk Kita

Kategori : Keselamatan
Share
Arti Penderitaan Yesus Untuk Kita

Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan kita dengan cara menebus dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dia memikul setiap pelanggaran-pelanggaran yang seharusnya kita pikul sendiri. Tapi bersyukur sekali karena Tuhan kita adalah Tuhan yang sangat mengasihi kita, Dia tidak mau manusia binasa. Karena itu, Dia datang supaya kita, manusia yang penuh dosa dapat terbebas dari maut.

Namun perlu kita sadari bahwa apa yang telah Tuhan lakukan untuk menyelamatkan kita dibayar dengan harga yang mahal, Dia tidak mengampuni kita dengan murahan, melainkan Dia membayar segala pelanggaran kita melalui penderitaan dan kematianNya. Kita perlu mensyukuri apa yang telah Tuhan kita lakukan buat kita. Semuanya itu Dia berikan dengan gratis. Yesus hanya meminta kita untuk percaya kepadaNya, maka dengan demikian kita akan diselamatkan.

Semua hukuman dosa-dosa kita dibayar lunas oleh Yesus melalui penebusanNya. Mari kita lihat penderitaan apa saja yang Yesus alami untuk menebus dan menyelamatkan kita :

  1. Disesah ( Mat 27 : 26 )
    Yesus rela disesah untuk kita. Apakah maksudnya ? Ya itu berarti Yesus disesah supaya kita terlepas dan sembuh dari penyakit-penyakit kita. Yesus disesah untuk menanggung segala penyakit kita. Bilur-bilurNya yang tercabik-cabik itulah yang menyembuhkan segala penyakit kita. Dia menanggung rasa sakit penyakit kita agar kita yang sembuh.

  2. Dihujat dan diolok-olok ( Mat 27 : 31, 39 )
    Apakah maksudnya ? Yesus dihujat dan diolok-olok agar kita tidak dipermainkan iblis lagi, agar kita tidak didakwa oleh iblis lagi. Sering kali iblis memasukkan kata-kata “ah, kamu tidak mampu, kamu tidak bisa, hidupmu akan hancur” Tapi ketahuilah bahwa Yesus telah membayar itu semua. Yesus tidak mau hidup kita dikuasai oleh iblis lagi. Dia mau membuat kita mampu dan bisa menghadapi apa pun dan memulihkan hidup kita.

  3. Ditolak ( Mat 27 : 21 )
    Yesus ditolak supaya kita yang ditolak oleh dunia diterima oleh Tuhan. Seringkali banyak dari kita yang tertolak karena kita punya banyak kelemahan, seringkali dunia tidak menerima keadaan kita, misalnya keluarga kita, teman-teman kita, dll. Tapi Tuhan menganggap kita berharga. Tuhan mau terima kita sebagai anakNya karena begitu besar kasihNya kepada kita dan Dia mau hidup kita pulih seutuhnya.

  4. Meminum anggur bercampur empedu ( Mat 27 : 34 )
    Bagaimana rasanya ?? Pasti tidak enak. Yesus lakuin itu karena Dia juga turut merasakan segala kepedihan dan kepahitan yang telah kita alami. Dan Dia ingin hidup kita pulih tanpa ada lagi kepedihan dan kepahitan yang kita rasakan. Dengan begitu akan ada sukacita dan damai sejahtera dalam jiwa kita.

  5. Dimahkotai Duri ( Mat 27 : 29 )
    Yesus dimahkotai duri untuk membersihkan segala pikiran-pikiran kita yang kotor, baik itu pikiran nazis, iri hati, angkuh, sombong, jahat, dll. Tuhan rela menanggung itu supaya pikiran kita dibaharui oleh Firman Tuhan.

  6. Memikul Salib ( Yoh 19 : 17 )
    Dosa menyebakan kutuk dalam hidup manusia. Namun Yesus mau kita terlepas dari kutuk-kutuk dosa itu, karena itu Dia rela memikul setiap kutuk-kutuk kita. Dia mau menggantikan kutuk menjadi berkat bagi hidup kita.

  7. Disalibkan ( Mrk 15 : 20b )
    Yesus disalibkan untuk mencurahkan darahNya untuk mengampuni dosa-dosa kita. DarahNya yang kudus itu lah yang menyucikan dan menguduskan kita dari segala dosa-dosa kita.

  8. Mati ( Mat 27 : 50 )
    Hukuman dosa adalah maut. Yesus menanggung maut untuk kita supaya kita tidak menanggung maut itu lagi, melainkan beroleh hidup yang kekal ( Yoh 5 : 24 )



Marilah kita menanggapi kasih yang telah Tuhan berikan dengan tidak menyia-nyiakan penebusan yang telah dilakukan olehNya. Tetaplah setia kepadaNya dan selalu tinggal di dalam Dia dan FirmanNya.

Gbu All…

 
Sumber : HTcom
View(5411)

Baca juga :
 
Comments :
Back