Inspirasi
 
15 September 2015 13:36:50

Jangan Terlalu Ngeroh?

Kategori : Kasih Karunia
Jangan Terlalu Ngeroh?

Banyak orang berpikir hidup dalam roh alias "ngeroh" itu berarti sebagian besar waktunya dihabiskan untuk berdoa, banyak baca Alkitab, selalu memakai kata "Tuhan" dalam setiap perkataannya, sering mendapatkan pesan dari Tuhan secara audible, anti mendengar lagu dunia, dan prilaku yang dianggap rohani lainnya.

Namun, tidak berarti semua itu tidak baik untuk dilakukan, semua itu adalah hal baik, tetapi tidak bisa dipakai untuk mengukur apakah seseorang sedang hidup dalam roh atau daging. Kenyataannya hal-hal baik tersebut dapat dilakukan secara daging juga.

Pengertian "ngeroh" sudah tidak lagi didefinisi dengan benar. Akibatnya banyak orang telah memandang negatif arti "ngeroh" itu, bahkan ada yang malah menganggap jangan hidup terlalu "ngeroh". Pengertian "ngeroh" hanya diidentikkan dengan suatu perbuatan.

Roma 8:9-10 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.

Fokus hidup oleh Roh bukanlah berfokus pada perbuatan apa yang harus dilakukan, melainkan berfokus pada apa yang telah Yesus selesaikan untuk kita. Dengan kata lain "ngeroh" artinya beristirahat dalam pekerjaan yang telah diselesaikan Yesus untuk kita.

Roh berbeda dan bertentangan dengan daging. Daging selalu ingin berusaha berpikir dan bertindak melakukan segala upaya untuk menyelesaikan apa yang terlihat harus diselesaikan dan selalu mengkuatirkan segala hal jika tidak berbuat sesuatu.

Berbeda dengan daging, Roh selalu percaya bahwa segala sesuatunya telah Yesus selesaikan. Roh hanya menerima apa yang telah Yesus selesaikan. Karena itu, untuk hidup oleh Roh, kita hanya perlu berdiam saja supaya daging jangan mendominasi kehidupan kita.

Yesaya 30:15-16 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal DIAM kamu akan diselamatkan, dalam tinggal TENANG dan PERCAYA terletak KEKUATANMU." Tetapi kamu enggan,
kamu berkata: "Bukan, kami mau naik kuda dan lari cepat," maka kamu akan lari dan lenyap. Katamu pula: "Kami mau mengendarai kuda tangkas," maka para pengejarmu akan lebih tangkas lagi.

Biarkan Roh yang mengambil alih setiap kehidupan kita. Sebab apa yang dikerjakan oleh daging sama sekali tidak berguna. Kekuatan kita terletak di dalam Roh, bukan di tubuh dan jiwa kita (tekat, pikiran, kehendak kita sendiri). Roh akan menuntun kita untuk melihat apa yang telah Yesus selesaikan dan tebus untuk kita. Dan ajaibnya, Roh yang akan memanifestasikan buah-buah Roh mengalir melalui diri kita, sehingga kita dapat melihat setiap terobosan, kemenangan, dan pemulihan mengalir secara otomatis dalam diri kita.

Yohanes 6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

Berfokuslah dengan segala sesuatu yang membuat Roh kita mendominasi kehidupan kita. Berfokuslah dengan segala sesuatu yang membuat kita semakin sadar dikasihi Tuhan dan semakin mengagumi Yesus dan apa yang telah diselesaikanNya untuk kita. Itulah arti hidup oleh Roh yang sesungguhnya.

 
Sumber : HTcom
View(2749)

Baca juga :
 
Comments :
Back