Ilustrasi
 
27 April 2013 16:58:22

Musim Dingin, Musim Gugur, Musim Panas, dan Musim Semi

Kategori : Karakter
Share
Musim Dingin, Musim Gugur, Musim Panas, dan Musim Semi

Di bumi terdapat empat musim, yaitu musim dingin, musim gugur , musim panas, dan musim semi.

Musim dingin adalah musim di mana keadaan lingkungan sangat dingin, biasanya kawasan yang mengalami musim dingin akan ditutupi oleh salju. Tidak banyak aktifitas yang dapat dilakukan oleh orang-orang ketika musim dingin tiba. Kebanyakan orang akan menghabiskan waktunya di dalam rumah.

Musim gugur adalah musim di mana daun-daunan pepohonan berguguran atau rontok.

Musim panas adalah musim di mana keadaan lingkungan sangat panas. Biasanya pada musim ini, tumbuh-tumbuhan sedang dalam masa pertumbuhan penuhnya. Orang-orang juga dapat beraktifitas dengan maksimal.

Musim semi adalah musim di mana tumbuh-tumbuhan mekar kembali. Bunga-bunga tumbuh dan mekar.

Demikian juga dengan kehidupan kita. Ada kalanya kita mengalami “musim dingin”, musim di mana tidak banyak hal yang bisa kita kerjakan. Kita lebih banyak berdiam diri dan mendengarkan apa yang Tuhan katakan buat hidup kita. Kita lebih banyak merenungkan kehidupan kita dan lebih banyak mendengarkan suara Tuhan dalam menuntun kita kepada rencanaNya. Saat di mana kita terus diisi dan diperkuat dengan kebenaran Firman Tuhan.


Rawan : Kemalasan dan jatuh dalam dosa
Tindakan yang harus dilakukan : Mencari Tuhan dan lebih mendengar suara Tuhan
Mazmur 1; Mazmur 119 : 9-16

Ada kalanya kita juga mengalami “musim gugur”, musim di mana banyak hal yang harus kita lepaskan ketika kita mengambil komitmen penuh untuk mengikut Yesus sepenuh hati kita. Terkadang ada keinginan yang harus kita lepaskan, ada sesuatu yang kita anggap berharga yang Tuhan ambil dari hidup kita, ada dosa yang harus kita tanggalkan, banyak kenyataan pahit yang harus kita terima, dan hari semakin hari kita harus mematikan ego kita. Tujuan dari semua itu adalah agar Kristus dapat bekerja maksimal dalam hidup kita. Kristus ingin mengambil alih setiap kehidupan kita. Kristus ingin membentuk kita menjadi manusia baru di dalam Kristus. Inilah saat di mana kita hanya dapat bergantung dan mengandalkan Tuhan.

Rawan : Galau, kepahitan, kekecewaan.
Tindakan yang harus dilakukan : Merilis dan memperkuat kepercayaan kepada Tuhan.
Matius 16:24; I Petrus 5:10


Ada kalanya juga kita mengalami “musim panas”, musim di mana kita harus bekerja ekstra untuk melakukan apa yang Tuhan mau dalam hidup kita. Saat di mana kita harus membangun dasar hidup kita, supaya kita kuat dan tidak tergoncangkan oleh masalah apapun. Saat di mana ketaatan dan kesetiaan kita kepada Tuhan akan teruji.

Rawan : Bersungut-sungut, capek hati, menghakimi orang lain, iri hati.
Tindakan yang harus dilakukan : Tetaplah giat, taat, setia, dan disiplin
I Korintus 15:58


Dan ada kalanya “musim semi” hadir dalam hidup kita. Saat di mana janji Tuhan digenapi dalam hidup kita, saat di mana banyak berkat yang kita terima, saat di mana kita merasakan kebaikan Tuhan selalu nyata dalam hidup kita.

Rawan : Kesombongan, melupakan Tuhan, mudah terpengaruh prinsip dunia.
Tindakan yang harus dilakukan : Ingat Tuhan, memuji Tuhan, bersyukur, dan memberkati sesama.
Ulangan 8:11-18


Sedang berada di musim apa Anda saat ini? Di musim apapun itu, tetaplah jalani setiap musim itu dengan sikap hati bersyukur dan tetap mengandalkan Tuhan. Percayalah selalu ada kasih, kuasa, dan kebenaranNya yang terus diberikan dalam setiap musim yang kita lalui.

 
Sumber : HTcom
View(6702)

Baca juga :
 
Comments :
Back